cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
ISSN : 23374411     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2013): EKUIVALEN" : 14 Documents clear
EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SMP MUHAMMADIYAH PURWOREJO 2012/2013 Hadyanti, Tri
EKUIVALEN - Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2013): EKUIVALEN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (88.703 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) lebih baik dibanding dengan model pembelajaran konvensional pada operasi hitung bentuk aljabar terhadap prestasi belajar matematika kelas VIII semester I SMP Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Populasinya adalah semua siswa kelas VIII semester I SMP Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Instrumen penelitian telah diuji cobakan dan sudah memenuhi validitas dan reliabilitas. Teknik pengolahan data menggunakan uji hipotesis ekor kanan dengan uji statistik menggunakan uji t. Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) lebih baik dibanding model pembelajaran konvensional materi operasi hitung bentuk aljabar kelas VIII semester I SMP Muhammadiyah Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013.   Kata kunci: model pembelajaran, Think Pair Share, prestasi belajar
EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA OPERASI BILANGAN BERPANGKAT DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI SE-KABUPATEN PURWOREJO ., Maulidiyah
EKUIVALEN - Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2013): EKUIVALEN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (100.323 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran TAI lebih baik dari model ekspositori, (2) apakah prestasi belajar siswa dengan gaya belajar visual lebih baik dari auditorial dan kinestetik, serta prestasi belajar siswa dengan gaya belajar auditorial lebih baik dari kinestetik, (3) apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan gaya belajar siswa pada materi operasi bilangan berpangkat. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri se-Kabupaten Purworejo. Sampel penelitian berjumlah 64 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik stratified cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data dengan metode dokumentasi, angket, dan tes. Analisis data menggunakan analisis variansi (anava) dua jalan dengan sel tak sama dengan taraf signifikansi 5% memberikan hasil: (1) prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran TAI lebih baik dari prestasi belajar siswa dengan model ekspositori, (2) tidak ada perbedaan prestasi belajar antara siswa dengan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada materi operasi bilangan berpangkat.   Kata kunci: model pembelajaran, TAI, ekspositori, gaya belajar
UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD SISWA KELAS V SD NEGERI 2 LUGOSOBO TAHUN PELAJARAN 2012/2013 Widyanti, Ratna
EKUIVALEN - Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2013): EKUIVALEN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (69.602 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD N 2 Lugosobo Tahun Pelajaran 2011/2012. Subyek penelitian semua siswa kelas V SD N 2 Lugosobo berjumlah 35 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode STAD (Student Teams Achievement Divisions). Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan teknik presentase dianalisis secara kuantitatif dalam bentuk persentase. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa minat siswa pada siklus I sebesar 65,92% dan pada siklus II sebesar 89,59%. Berdasarkan pengamatan tersebut menunjukkan ada peningkatan minat siswa sebesar 23,67%, selama proses pembelajaran berlangsung. Pada siklus I, persentase minat siswa adalah 65,92 % dan dikategorikan kurang baik. Pada siklus II, persentase minat siswa adalah 89,59%. dan dikategorikan sangat baik. Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I adalah 59,56 dan pada siklus II meningkat menjadi 64,33. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa metode pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas V SD N 2 Lugosobo.   Kata kunci: minat, prestasi, model pembelajaran, STAD
EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TIPE NHT PADA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS NEGERI PREMBUN Setyaningsih, Ani
EKUIVALEN - Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2013): EKUIVALEN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (93.822 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi mana yang lebih baik antara siswa yang diberi perlakuan model NHT dan demonstrasi pada materi segi empat pada siswa kelas VII MTs Negeri Prembun tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental). Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa dan dokumentasi untuk data kemampuan awal siswa. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII MTs Negeri Prembun sebanyak 247. Dengan teknik cluster random sampling dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan metode tes. Pada akhir pembelajaran kedua kelas sampel diberi tes akhir dengan menggunakan instrument. Metode tes dilakukan untuk memperoleh data nilai akhir setelah diberi perlakuan pada kelas eksperimen dan kontrol, data analisis dengan uji normalitas dengan metode Lilliefors, uji homogenitas dengan metode Bartlett dan uji hipotesis menggunakan uji t, dengan  menunjukkan bahwa tobs sebesar 1,869 sedangkan t0,05;67 =1,668. Karena tobs ttabel sehingga Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran NHT memberikan prestasi belajar yang lebih baik dari pada pembelajaran demonstrasi pada materi segi empat pada siswa kelas VII MTs Negeri Prembun.   Kata kunci: model pembelajaran, NHT, prestasi belajar, segi empat
EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA TIPE TAI DAN TIPE TPS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013 Astuti, Tri
EKUIVALEN - Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2013): EKUIVALEN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (102.656 KB)

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi faktorisasi bentuk aljabar siswa kelas VIII SMP N 4 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode tes prestasi belajar yang sudah diujicobakan dan telah memenuhi uji prasyarat. Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh  sebesar 16,287 dan nilai uji t (  sebesar 0,214 dan nilai tabel  sebesar 1,645, sehingga . Karena  maka  diterima dan H1 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI menghasilkan prestasi belajar matematika yang tidak lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi faktorisasi bentuk aljabar siswa kelas VIII SMP N 4 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013.   Kata kunci:  model pembelajaran, TAI, TPS, prestasi belajar.
EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NHT DAN TGT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI EQ SISWA ., Sukaryono
EKUIVALEN - Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2013): EKUIVALEN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (100.195 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah: (1) prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran NHT lebih baik daripada model pembelajaran TGT; (2) prestasi belajar matematika siswa dengan EQ tinggi lebih baik daripada siswa dengan EQ sedang maupun rendah; (3) ada interaksi antara model pembelajaran dengan EQ siswa. Penelitian ini merupakan model penelitian True Experimental. Populasi penelitian semua siswa kelas VII SMP se-Kecamatan Banyuurip. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling, subjek penelitian berjumlah 67 siswa yang terdiri 34 siswa SMP 26 Purworejo dan 33 siswa SMP 33 Purworejo. Pengumpulan data menggunakan metode tes, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan anava dua jalan sel tak sama. Hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5% dengan kesimpulan sebagai berikut: (1) prestasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran NHT tidak lebih baik daripada penerapan model TGT; (2) siswa yang EQ nya tinggi tidak lebih baik dari pada siswa yang EQ nya sedang maupun rendah dalam prestasi belajar matematika; (3) tidak terdapat kombibasi efek atau interaksi antara penerapan model pembelajaran NHT dan TGT dengan perbedaan EQ siswa terhadap prestasi belajar matematika.   Kata kunci: NHT, TGT, EQ, prestasi belajar
KORELASI KEMAMPUAN SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS SULTAN AGUNG DALAM MENGGUNAKAN OPERASI HITUNG PADA PECAHAN BIASA DENGAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA YANG BERKAITAN DENGAN PECAHAN PADA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 Rahmawati, ari Dwi
EKUIVALEN - Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2013): EKUIVALEN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (86.234 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: kemampuan siswa dalam menggunakan operasi hitung pada pecahan biasa, kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan, dan apakah ada korelasi kemampuan menggunakan operasi hitung pada pecahan biasa terhadap menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri se-Gugus Sultan Agung kecamatan Kutoarjo tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 152 siswa. Sampel penelitia berjumlah 98 siswa yang diambil dengan teknik proposional random sampling. Untuk menghitung korelasi menggunakan rumus korelasi product moment. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: kemampuan siswa dalam menggunakan operasi hitung pada pecahan biasa memenuhi KKM, kemampuan dalam menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan tidak memenuhi KKM, dan ada korelasi yang signifikan antara kemampuan menggunakan operasi hitung pada pecahan biasa terhadap menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan. Kata kunci: korelasi, pecahan
EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM POSING MATERI SEGITIGA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 16 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012 Robiyana, Anjas
EKUIVALEN - Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2013): EKUIVALEN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (99.33 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing lebih baik daripada pembelajaran matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan segitiga kelas VII semester 2 SMP Negeri 16 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 16 Purworejo. Uji prasyarat analisis variansi menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan uji Bartlett untuk uji homogenitas. Dengan ? = 0,05 diperoleh sampel berasal dari distribusi  normal dan variansi homogen. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji rata-rata satu pihak yaitu pihak kanan dengan rumus uji t. Dengan ? = 0,05 menunjukkan thitung = 4,976 > 1,645 = ttabel berarti prestasi belajar siswa pada materi segitiga dengan menggunakan model Problem Posing lebih baik dari prestasi belajar siswa dengan model kovensional. Dari hasil penelitian, rerata prestasi belajar matematika yang menggunakan model Problem Posing diperoleh 70,375, sedangkan dengan model konvensional diperoleh 60,387. Kata kunci: model pembelajaran, problem posing, kovensional.
EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATERI SEGIEMPAT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MIRIT KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012 ., Supriyono
EKUIVALEN - Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2013): EKUIVALEN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (94.449 KB)

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa pada pembelajaran dengan menggunakan model cooperative learning tipe make a match lebih baik daripada prestasi belajar siswa dengan metode konvensional pada materi segiempat. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimen Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP  Negeri 1 Mirit Kebumen Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 126 siswa yang terbagi menjadi empat kelas. Sampel penelitian diambil dua kelas secara acak, yaitu 32 siswa kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol. Data dalam peneli­ti­an ini diperoleh dengan metode tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t pihak kanan. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata data awal kelompok eksperimen sebesar 54,50 rata-rata tes akhir (post test) kelompok eksperimen sebesar 70,655. Sedangkan rata-rata data awal kelompok kontrol sebesar 54,207, rata-rata tes akhir (post test) kelompok kontrol sebesar 62,08. Dari hasil analisis data diperoleh nilai thitung = 2,3792. Sedangkan pengujian dilakukan dengan menggunakan uji t pihak kanan dengan taraf kesalahan 5% didapat ttabel = 1,6706 sehingga nilai thitung lebih dari ttabel (2,3792 > 1,6706) dan dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak sehingga prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran make a match lebih baik daripada prestasi belajar siswa dengan metode konvensional pada materi segiempat siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mirit Kebumen tahun pelajaran 2011/2012.   Kata kunci: Matematika, make a match, prestasi belajar.
UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA SISWA KELAS V SD N I BANJAREJO TAHUN 2012/2013 Muslihah, Siti
EKUIVALEN - Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2013): EKUIVALEN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (85.052 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD N I Banjarejo dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan  metode tes, dan metode observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar matematika siswa pada siklus I sebesar 74,38% dan pada siklus II meningkat menjadi 84,38%. Peningkatan keaktifan belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 10%. Sedangkan peningkatan prestasi siswa pada siklus I siswa yang mencapai KKM sebesar 71,43% sedangkan pada siklus II siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 88,57%.   Kata Kunci: Pendekatan pembelajaran, RME, Keaktifan Belajar, Prestasi Belajar

Page 1 of 2 | Total Record : 14


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol 41, No 1 (2019): EKUIVALEN Vol 40, No 1 (2019): EKUIVALEN Vol 39, No 1 (2019): EKUIVALEN Vol 38, No 1 (2019): EKUIVALEN Vol 37, No 1 (2019): EKUIVALEN Vol 36, No 1 (2018): EKUIVALEN Vol 35, No 1 (2018): EKUIVALEN Vol 34, No 1 (2018): EKUIVALEN Vol 33, No 1 (2018): EKUIVALEN Vol 32, No 1 (2018): EKUIVALEN Vol 31, No 2 (2018): EKUIVALEN Vol 31, No 1 (2018): EKUIVALEN Vol 29, No 01 (2017): EKUIVALEN Vol 30, No 3 (2017): EKUIVALEN Vol 30, No 2 (2017): EKUIVALEN Vol 30, No 1 (2017): EKUIVALEN Vol 29, No 2 (2017): EKUIVALEN Vol 28, No 1 (2017): EKUIVALEN Vol 27, No 2 (2017): EKUIVALEN Vol 27, No 1 (2017): EKUIVALEN Vol 26, No 2 (2017): EKUIVALEN Vol 26, No 1 (2017): EKUIVALEN Vol 25, No 2 (2017): EKUIVALEN Vol 25, No 1 (2017): EKUIVALEN Vol 24, No 3 (2016): EKUIVALEN Vol 24, No 2 (2016): EKUIVALEN Vol 24, No 1 (2016): EKUIVALEN Vol 23, No 2 (2016): EKUIVALEN Vol 23, No 1 (2016): EKUIVALEN Vol 22, No 1 (2016): EKUIVALEN Vol 21, No 3 (2016): EKUIVALEN Vol 21, No 2 (2016): EKUIVALEN Vol 21, No 1 (2016): EKUIVALEN Vol 20, No 3 (2016): EKUIVALEN Vol 20, No 2 (2016): EKUIVALEN Vol 20, No 1 (2016): EKUIVALEN Vol 19, No 2 (2016): EKUIVALEN Vol 19, No 1 (2016): EKUIVALEN Vol 18, No 3 (2015): EKUIVALEN Vol 18, No 2 (2015): EKUIVALEN Vol 18, No 1 (2015): EKUIVALEN Vol 17, No 1 (2015): EKUIVALEN Vol 16, No 3 (2015): EKUIVALEN Vol 16, No 2 (2015): EKUIVALEN Vol 16, No 1 (2015): EKUIVALEN Vol 15, No 3 (2015): EKUIVALEN Vol 15, No 2 (2015): EKUIVALEN Vol 15, No 1 (2015): EKUIVALEN Vol 14, No 2 (2015): EKUIVALEN Vol 14, No 1 (2015): EKUIVALEN Vol 13, No 3 (2015): EKUIVALEN Vol 13, No 2 (2015): EKUIVALEN Vol 13, No 1 (2015): EKUIVALEN Vol 12, No 5 (2014): EKUIVALEN Vol 12, No 4 (2014): EKUIVALEN Vol 12, No 3 (2014): EKUIVALEN Vol 12, No 2 (2014): EKUIVALEN Vol 12, No 1 (2014): EKUIVALEN Vol 11, No 3 (2014): EKUIVALEN Vol 11, No 2 (2014): EKUIVALEN Vol 11, No 1 (2014): EKUIVALEN Vol 10, No 1 (2014): EKUIVALEN Vol 9, No 1 (2014): EKUIVALEN Vol 8, No 4 (2014): EKUIVALEN Vol 8, No 3 (2014): EKUIVALEN Vol 8, No 2 (2014): EKUIVALEN Vol 8, No 1 (2014): EKUIVALEN Vol 7, No 4 (2014): EKUIVALEN Vol 7, No 3 (2014): EKUIVALEN Vol 7, No 2 (2014): EKUIVALEN Vol 7, No 1 (2014): EKUIVALEN Vol 6, No 2 (2013): EKUIVALEN Vol 6, No 1 (2013): EKUIVALEN Vol 5, No 1 (2013): EKUIVALEN Vol 4, No 1 (2013): EKUIVALEN Vol 3, No 1 (2013): EKUIVALEN Vol 2, No 1 (2013): EKUIVALEN Vol 1, No 1 (2013): EKUIVALEN More Issue